in ,

Prabowo diundang ke Pentagon, kelompok hak asasi protes, AS: ‘Kami konsisten mengadvokasi penghormatan HAM’

Opera.net Prabowo diundang ke Pentagon, kelompok hak asasi protes, AS: ‘Kami konsisten mengadvokasi penghormatan HAM

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berkunjung ke Amerika Serikat 15-19 Oktober atas undangan Menteri Pertahanan AS Mark Esper dan dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pejabat Pentagon, termasuk dengan Menhan Esper.

Namun tujuh organisasi HAM mengkritik kunjungan itu karena apa yang mereka sebut sebagai dugaan keterlibatan langsung Prabowo dalam pelanggaran hak asasi manusia.

Kedutaan Besar AS di Jakarta menyatakan, “Kementerian Pertahanan AS menerima Menteri Prabowo di Pentagon pada 16 Oktober untuk memperkuat hubungan bilateral AS-Indonesia.”

Kami secara konsisten mengadvokasi penghormatan hak asasi manusia dan hak-hak asasi lainnya dengan semua mitra pertahanan kami, termasuk Indonesia,” kata Michael Quinlan, Juru Bicara Kedutaan Besar AS di Jakarta dalam jawaban tertulis yang diterima BBC Indonesia pada Sabtu (17/10).

Baca juga: Diprotes atas Pelanggaran HAM, Menhan RI Prabowo Subianto Lakukan Kunjungan ke AS

Zaenal Muttaqin, Sekretaris Jenderal, Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia, IKOHI – organisasi yang ikut menandatangani surat ke Menteri Luar Negeri Mike Pompeo agar visa tidak diberikan kepada Prabowo – mengatakan kecewa karena langkah AS ini disebutnya memperkuat impunitas.

  • Prabowo Subianto: ‘Saya harus membantu Presiden Jokowi menjaga keamanan’
  • Presiden Jokowi angkat dua eks-anggota Tim Mawar jadi pejabat tinggi, keluarga korban penculikan: ‘Apa negara tak punya rasa kemanusiaan?’
  • Jokowi angkat Prabowo jadi Menhan: Dari musuh ke koalisi, langkah kontroversial yang mengejutkan

“Bagi kami ini memperkuat impunitas karena Prabowo Subianto yang terkait dengan pelanggaran HAM bukan hanya di Indonesia, tapi juga di Timor Leste. Bagi kami ini akan jadi preseden bagi pelaku pelanggaran HAM berat di Indonesia untuk semakin bebas, semakin leluasa, semakin kokoh impunitas, bebas dari pengadilan, bebas dari penyelesaian secara hukum untuk memenuhi hak atas kebenaran, keadilan dan pemulihan bagi keluarga korban,” kata Zaenal kepada BBC News Indonesia.

Amnesty International dan enam kelompok HAM lain, termasuk IKOHI, mengecam keputusan kementerian pertahanan yang memberikan visa kepada Prabowo.

“Prabowo Subianto adalah mantan jenderal yang dilarang [masuk AS] sejak tahun 2000 karena dugaan keterlibatan langsung pelanggaran hak asasi manusia,” kata kelompok-kelompok HAM itu dalam surat kepada Menteri Luar Negeri Mike Pompeo.

Tidak ada tanggapan spesifik dari Kedutaan Besar AS di Jakarta atas surat yang dilayangkan tujuh kelompok HAM ke Menlu Pompeo.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

Sofyan djalil adalah Pencetus Omnibus Law Kembali Buat Geger Masyarakat Indonesia, Usulkan WNA Bisa Punya Rusun

Resmi! Bansos Jabar Tahap 3 Sebesar 500 Ribu Sudah Disalurkan, Cek Disini Daftar Nama Penerima